Article

SARAF TERJEPIT / HNP KARENA SMARTPHONE , MUNGKINKAH?

Dapatkah handphone menyebabkan gangguan kesehatan?
Mengapa penyakit saraf terjepit / HNP (Hernia Nucleus Pulposus) sekarang ditemukan pada usia yang makin muda, padahal dulu penyakit ini cenderung terjadi pada usia tua

Pernahkah anda berpikir bahwa semakin banyak teknologi memberikan banyak kemudahan bagi manusia, namun disisi lain justru memberi kontribusi yang cukup besar dalam proses terjadinya penyakit.

Lewat tulisan ini akan saya terangkat bagaimana teknologi menyebabkan penyakit saat ini, dan dalam tulisan kali ini akan saya khususkan tentang saraf terjepit atau yang biasa disingkat HNP (Herniasi Nucleus Pulposus

 

Text neck syndrome merupakan gangguan struktur tulang belakang dimana penggunaan handphone/monitor dilakukan dengan postur yang salah, terlalu lama melihat kebawah dalam waktu yang lama yang akhirnya menyebabkan munculnya gejala gejala gangguan persarafan tulang belakang.

Gejala ringan mungkin hanya sensasi pegal/nyeri lokal di leher, namun gejala yang lebih berat antara lain sensasi pegal, baal, bahkan nyeri yang terasa menjalar dari leher menuju ke lengan dan tangan.

Sensasi ini disebabkan terjadinya kerusakan pada struktur tulang belakang sampai dapat menimbulkan kerusakan diskus (bantalan) tulang belakang, yang akhirnya menyebabkan terjadinya HNP (Herniasi Nucleus Pulposus).

Kenneth K. Hansraj, MD, kepala bagian bedah di New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine di Poughkeepsie, New York, melakukan penelitian pada tahun 2014 Untuk mengevaluasi dampak dari meningkatnya epidemi text neck syndrome tersebut

Beliau mengatakan banyak orang meremehkan caranya memposisikan tubuh saat melihat handphone/monitor, namun kenyataannya hal ini merupakan masalah yg sangat serius dan nyata  dan gangguan tersebut mempengaruhi bukan hanya struktur tulang leher, namun seluruh struktur tulang belakang, menyebabkan stenosis, spondilosis pada tulang belakang.

Namun logikanya, bagaimana mungkin hanya karena melihat hp saja bisa menyebabkan kerusakan tulang belakang?

Mari kita bahas cara analisa logisnya menurut ilmu saya, yaitu ilmu kedokteran barat

 

Gambar disamping merupakan gambaran peningkatan beban yang terjadi pada tulang cervical/leher yang sejalan dengan sudut leher dalam melihat hp anda

Kepala rata-rata memiliki berat sekitar 4,5 sampai 5,5 kilogram dalam posisi netral (posisi tegak), artinya tulang leher mampu dan wajar mendapat beban 4,5kg sampai 5,5kg.

Melalui penelitian dr Kenneth ditemukan bahwa melihat ke bawah dengan sudut 15 derajat dapat meningkatkan dampak pada leher sebesar lebih dari 12 kilogram; Sudut 60 derajat bisa memberi tekanan 27kg pada leher.
Sekarang berapa lama anda menggunakan smartphone anda dalam sehari??

Menurut beberapa riset dari berbagai media raksasa dunia termasuk comscore, Neilsen, SmartInsight, eMarketer, MediaKix, Pew Research Center rata rata penggunaan smartphone pada dewasa muda adalah berkisar 4-5 jam dalam sehari, termasuk bermedia sosial, chat, berbelanja dan lain sebagainya.

Ini belum termasuk waktu yang anda habiskan menunduk di meja menatap layar, membaca buku,membuat laporan, pada orang seni membuat ukiran, craft, menjahit dan lain sebagainya.

Bayangkan leher anda mendapat beban 12-27 kg selama bertahun tahun, maka wajar saja terjadi kerusakan struktur tulang belakang pada orang yang sering menundukkan lehernya.

Jadi ingat postur anda juga menentukan kesehatan tulang belakang anda, realita yang sering diabaikan namun sangat serius dampaknya.

Dalam klinik akupuntur saya mendapati pola kebiasaan memegang hp menunduk dengan angka kejadian HNP cervical yang meningkat.

Walaupun dengan akupuntur, HNP sangat bisa diperbaiki dengan hasil yang memuaskan, tapi apakah anda harus terkena HNP dulu baru menyadari bahaya hp anda bagi kesehatan?

Artikel ini akan saya lanjutkan pada kesempatan yang akan datang, dengan solusi sederhana yang dapat membantu memperbaiki gangguan HNP tersebut.

Anda bisa melihat bagaimana kesaksian orang-orang yang telah merasakan manfaat Akupuntur uuntuk meredakan nyeri HNP

Artikel ini kan saya lanjutkan pada kesempatan yang akan datang, dengan solusi sederhana yang dapat membantu memperbaiki gangguan HNP tersebut.

Anda juga dapat Follow informasi kesehatan lain terkait akupuntur di facebok saya di SEHAT DENGAN AKUPUNTUR

Atau anda dapat melakukan free konsultasi dengan saya dengan menghubungi asisten saya dengan di  0823-3064-2611

atau wattsapp anda bisa klik disini

 

 

Salam,

Dr. David Pardamean Sihotang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *