Article

SARAF TERJEPIT / HNP KARENA SMARTPHONE (PART 2)

 

Text neck syndrome part 2

Hindari Text neck syndrome dengan cara ini

Baiklah setelah kemarin kita membahas tentang text neck syndrome, maka ada beberapa cara sederhana untuk menghindari terjadinya gangguan ini.

Tulisan ini saya sadur dari beberapa sumber untuk mempermudah anda mengertiSeperti yang kita ketahui bahwa ancaman yang terjadi pada gangguan ini disebabkan lengkungan tulang leher yang berdampak meningkatnya beban tulang cervical, maka dari itu ini adalah prinsip dasar untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara untuk menghindari terjadinya text neck syndrome :

1.Tahukah anda bahwa posisi yang paling merusak tulang belakang adalah saat anda melakukan texting, daripada menonton video atau web browsing? maka dari itu anda harus melakukan penyesuaian postur anda saat melakukan texting dengan memposisikan layar hp sejajar dengan mata anda. Ini akan membuat leher pada posisi tegak sehingga beban tulang leher terbagi secara merata.

2. Stop bermain hp saat anda berbaring di tempat tidur, selain merusak mata, anda akan cenderung mengganjal kepala anda dengan bantal yang terlalu tinggi yang menyebabkan postur tulang leher yang buruk. Dan sialnya anda seringkali tertidur dalam posisi ini.

3. Apabila anda pekerja kantor biasakan memposisikan postur yang tegak saat anda duduk. Saking pentingnya postur tegak ini, ada startup diluar negeri yang membuat suatu produk yg dapat mengingatkan saat postur anda mulai membungkuk.

4. Lakukan Stretching saat anda memandang monitor lama saat bekerja. Selama anda duduk, maka terjadi hambatan peredaran darah di daerah punggung, menyebabkan kekakuan/pegal di daerah belakang anda.

Ada hal penting tentang text neck syndrome ini. Seperti anda tahu bahwa saat ini orang yang menggunakan hp semakin muda usianya. Dan ini berdampak jauh lebih buruk pada anak daripada anda yang sudah dewasa. Hal ini dikarenakan tulang belakang anak masih terus berkembang,

dan apabila lengkungan tulang leher abnormal yang dikarenakan pemakaian hp ini terjadi pada anak maka akan menyebabkan postur tulang belakang anak menjadi buruk, dan bukan hanya berdampak pada tulang cervical, namun juga tulang lumbal anak, dikarenakan keduanya merupakan ruas tulang belakang yang paling mobile diantara semua ruas tulang belakang.

Akhirnya terjadi kebungkukan pada tumbuh kembang anak, yang bisa berujung pada degenerated disc disease.

Dalam akupuntur, sepanjang sisi kiri dan kanan tulang belakang merupakan jalur meridian energi tubuh yang sangat penting, yg disebut bladder meridian, didalamnya ditemukan titik penting organ organ utama manusia, seperti jantung, paru, hati, limpa, ambung, ginjal, usus besar, usus kecil.

Sumbatan jalur energi di salah satu bagian meridian yg terdapat di sisi tulang belakang, pada text neck syndrom misalnya, akan mempengaruhi supply Chi ke berbagai titik organ lain, akibatnya akan berdampak pada bagian lain dari organ tubuh manusia.

Dalam ilmu kedokteran barat sistem limfatik pun banyak sekali ditemukan pada sepanjang sisi tulang belakang, yang bekerja sama dgn sistem tubuh yang lain meregulasi berbagai mekanisme fisiologis manusia. Itulah sebabnya gangguan disini dapat mempengaruhi sistem lain dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu pencegahan sedari awal haruslah dilakukan, menanggapi seriusnya dampaknya bagi sistem tubuh yang lain.

Akupuntur bekerja memperbaiki stagnansi chi pada meridian bladder tersebut dengan meredakan kekakuan otot yang ada disekitar tulang belakang yg terjadi pada text neck syndrome dengan stimulasi jarum yg sangat halus pada titik tertentu pada tubuh. apabila chi mengalir maka gangguan lain pun akan reda secara bertahap. Beberapa penelitian pun mendukung efektifitas akupuntur pada gangguan struktur tulang belakang. Pada salah satu penelitian di pubmed (salah satu jurnal terpercaya dunia) bahkan membuktikan bahwa akupuntur memiliki efek yang lebih kuat daripada morfin yang merupakan painkiller yang sangat kuat. Itu sebabnya akupuntur banyak dipakai pada berbagai kasus nyeri, baik HNP, kasus Osteoarthritis, nyeri kanker, dan lain sebagainya.

Sumber jurnal https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27475042

Masih banyak yang dapat digali tentang text neck syndrome dan efektifitas akupuntur pada pengendalian nyeri.

Sudah saatnya anda memperhatikan lebih lagi tentang postur anda demi kesehatan tulang belakang anda pada masa yang akan datang.

Dan seperti biasa mohon like, share dan comment artikel ini supaya bermanfaat bagi orang lain.

Apabila anda ada pertanyaan silahkan hubungi saya untuk berkonsultasi..

IT’S FREE ANYWAY..

 

Anda dapat melihat beberapa dari banyak pasien saya yang mengalami HNP memberikan kesaksiannya

Anda juga dapat Follow informasi kesehatan lain terkait akupuntur di facebok saya di SEHAT DENGAN AKUPUNTUR

Atau anda dapat melakukan free konsultasi dengan saya dengan menghubungi asisten saya dengan di  0823-3064-2611

atau wattsapp anda bisa klik disini

Salam,

Dr. David Pardamean Sihotang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *