Article

SEMUA YANG PERLU ANDA TAHU TENTANG STROKE

 

SEMUA YANG PERLU ANDA TAHU TENTANG STROKE

Stroke merupakan penyakit yang sangat banyak ditakuti di masa sekarang ini. Selain karena dapat menyebabkan kematian, orang-orang yang berhasil selamat dari serangan stroke harus menjalani prosedur terapi dan rehabilitasi yang memakan banyak sekali waktu dan sumber daya. Tak jarang sebagian “menyerah” dan hanya pasrah akan kelemahan yang terjadi akibat stroke. Untuk itulah kita harus mengerti berbagai hal tentang stroke yang bisa membantu para “survivor” stroke ini kembali pada keadaan terbaiknya.

 

Berikut hal yang perlu anda ketahui tentang stroke

Fakta tentang Stroke

  • Stroke merupakan kerusakan otak yang terjadi akibat terhentinya supply darah ke salah satu bagian dari otak manusia, baik karena perdarahan maupun karena sumbatan pembuluh darah
  • Dari hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes tahun 2013, Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan angka kejadian stroke tertinggi kedua di Indonesia dimana angka kejadiannya mencapai 10,3/mil
  • Berdasarkan beberapa penelitian, tingkat kecacatan stroke mencapai 65%
  • Stroke merupakan salah satu pembunuh nomer satu di rumah sakit di seluruh Indonesia, angka kematiannya mencapai 15,4% dari semua ppenyebab kematian di Rumah Sakit. Jadi apabila saat ini anda selamat dari serangan stroke.

 

Jenis-Jenis Stroke

Pada umumnya stroke terbagi tiga, yaitu :

  1. TIA (Transient Ischemic Attact)

Merupakan stroke yang ringan dan biasanya tidak menimbulkan kecacatan. Diakibatkan karena terjadinya gangguan peredaran darah otak sementara, yang kemudain membaik lagi. Ditandai dengan gejala pusing, penglihatan kabur, atau gangguan bicara dan lemah anggota badan sesaat, yang kemudian kembali seperti normal lagi.

  1. Stroke Perdarahan

Terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak, yang menyebabkan terhentinya pasokan darah di area tertentu dari otak. Biasanya pasien memiliki penyakit hipertensi yang melatarbelakanginya

  1. Stroke Sumbatan

Terjadi akibat tersumbatnya pembuuh darah di otak yang menyebabkan pasokan darah ke salah satu bagian otak terhenti, sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan otak. Seringkali pasien tersebut memiliki riwayat kolesterol, trigliseride, atau gula darah yang tinggi, atau penyakit lain yang menyebabkan gangguan kekentalan darah.

 

Gejala Stroke

Gejala stroke bisa sangat bervariasi tergantung area yang terganggu di otak, namun umumnya terjadi secara mendadak.

Namun anda patut mencurigai orang terserang stroke dengan gejala berikut

  • Gangguan berbicara tiba-tiba
  • Perubahan bentuk wajah yang seperti tertarik ke salah satu sisi wajah
  • Kelemahan anggota gerak tubuh pada salah satu sisi, namun bisa juga sensasi baal pada salah satu sisi tubuh
  • Gangguan penglihatan
  • pasien juga bisa mengalami pusing, mual muntah bahkan penurunan kesadaran

 

Diagnosis Stroke

Saat orang terserang stroke, maka hal pertama kali yang harus dilakukan adalah membawa pasien ke rumah sakit secepatnya, karena pada serangan stroke waktu menjadi sangat krusial untuk meminimalisir kerusakan sel otak yang terjadi.

Diagnosis stroke ditegakkan dari anamnesis, melihat gejala fisik pasien dan pemeriksaan pencitraan, yang biasanya menggunakan MRI. MRI dapat sangat membantu untuk mencari tahu lokasi stroke pada otak dan menentukan jenis serangan stroke yang terjadi. Jenis serangan stroke ini sangat penting diketahui, karena sangat berhubungan erat dengan terapi yang akan diberikan kepada pasien.

 

Terapi  dan Rehabilitasi Stroke

Seringkali orang salah paham bahwa terapi stroke hanya terjadi di Rumah Sakit saat pasien dirawat ini. Terapi stroke justru merupakan proses yang sangat panjang.

Disini peran keluarga dan pasien sendiri menjadi sangat krusial, dikarenakan proses penyembuhan terutama rehabilitasi stroke merupakan proses marathon yang menguras banyak sekali waktu dan tenaga. Namun justru untuk mencapai tingkat penyembuhan yang optimal, proses ini merupakan yang paling penting

Rehabalitasi stroke dilakukan dengan melibatkan banyak disiplin ilmu. Berbagai disiplin ilmu akan berperan dalam rehabilitasi stroke, misalkan terapi konvensional stroke, fisioterapi, akupuntur untuk pengobatan stroke, dan tentunya latihan di rumah merupakan faktor-faktor penentu keberhasilan terapi. Jangan dilupakan masalah gangguan psik0logis pasca serangan stroke, karena ini pun dapat mempengaruhi proses pemulihan.

 

Zhu Scalp Acupuncture Menolong Ribuan Pasien Stroke di Dunia

Ada hal menarik dari terapi stroke dengan salah satu teknik akupuntur yang disebut Zhu scalp acupuncture, dimana ini merupakan kombinasi antara ilmu akupuntur dan ilmu neuroanatomi otak manusia. Salah satu penemunya merupakan seorang profesor dibidang akupuntur yang merupakan salah satu ahli akupuntur paling terkenal yang masih hidup saat ini yaitu Profesor Ming Qing Zhu yang terkenal dengan teknik Zhu Scalp Acupuncture.

Profesor Ming Qing Zhu, seperti saya juga, telah berhasil memperbaiki kelumpuhan yang dialami ribuan pasien stroke di dunia. Ilmunya sudah digunakan di berbagai negara oleh akupunturist dengan hasil yang sangat memuaskan.

Ini merupakan harapan baru bagi pasien stroke terutama setelah rehabilitasi fisioterapi mengalami stagnansi perkembangan, maka bagi saya dan banyak pasien lain yang telah merasakan manfaatnya teknik zhu scalp acupuncture ini merupakan harapan baru untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

 

Tahukah anda ada beberapa panduan mudah yang dapat mempercepat pemulihan stroke? dapatkan GRATIS buku

14 langkah mempercepat pemulihan stroke

Anda bisa lihat testimoni beberapa dari begitu banyak pasien stroke saya yang sudah merasakan manfaat scalp akupuntur untuk stroke disini

Anda juga dapat Follow informasi kesehatan lain terkait akupuntur di facebok saya di SEHAT DENGAN AKUPUNTUR

Atau anda dapat melakukan free konsultasi dengan saya dengan menghubungi asisten saya dengan di  0823-3064-2611

atau wattsapp anda bisa klik disini

 

Salam,

Dr. David Pardamean Sihotang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *