Article

Scalp Akupuntur Untuk Stroke Telah Diteliti Efektif

Tahukah Anda Penelitian tentang efektifitas Scalp akupuntur untuk pemulihan stroke akhirnya dipublikasikan pada tahun 2012.

Di dunia Stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi, dan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI tahun 2013 menyatakan Stroke merupakan penyebab kematian utama di hampir seluruh Rumah Sakit di Indonesia.

Sebelum saya menggunakan Scalp Akupuntur untuk merehabilitasi stroke, di berbagai belahan dunia scalp akupuntur sudah lebih dahulu menjadi salah satu pilihan terapi yaitu Cina, Eropa dan Amerika.

Kali ini saya akan membahas hasil penelitian yang menarik dari Department of Neurobiology Acupuncture Research, Zhejiang Chinese Medical University, Hangzhou tentang stroke. Jika anda ingin melihat source aslinya silahkan lihat disini, namun memang jika anda tidak terlalu familiar dengan penelitian dan statistik anda akan sedikit bingung.

Penelitian tersebut mengumpulkan beberapa sumber data, dimana data yang dikumpulkan adalah penderita yang mengalami acute ischemic stroke pria maupun wanita dengan onset kejadian stroke dalam waktu 14 hari. Pasien dikonfirmasi stroke dengan menggunakan MRI/CT scan.

Penelitian mengambil data dari 8 studi dengan jumlah total 538 pasien yang menderita akut ischemic stroke, dengan menggunakan randomised controlled trials (RCTs) untuk mengevaluasi efek dari Scalp akupuntur terhadap pasien stroke.

Pasien dibagi menjadi grup yang mendapat terapi kedokteran konvensional dengan grup yang mendapat terapi kedokteran konvensional ditambah dengan terapi Scalp akupuntur.

Dari riset tersebut ditemukan bahwa grup yang mendapatkan terapi kedokteran konvensional ditambah Scalp akupuntur memiliki pemulihan yang lebih baik dibanding grup yang hanya mendapatkan terapi kedokteran konvensional

Kesimpulan dari riset ini menemukan bahwa

Saclp akupuntur dan meningkatkan skor defisit neurologis dan efektis secara klinis dalam penanganan pasien stroke dengan akut ischemic stroke.

Tentunya penelitian lebih luas dan dalam masih diperlukan untuk menemukan bagaimana scalp akupuntur dalam bermanfaat untuk pemulihan stroke, namun demikian riset ini menunjukkan betapa besar potensi Scalp akupuntur dalam merehabilitasi pasien stroke.

 

Dalam pengalaman saya di praktek sendiri, saya telah melihat manfaat yang besar dari Scalp akupuntur, melihat sendiri bagaimana progress dari banyak pasien saya setelah diterapi dengan Scalp akupuntur, sehingga saya tidak meragukan lagi efektifitas teknik akupuntur ini.

Anda dapat melihat bagaimana kesaksian orang-orang yang telah merasakan manfaat akupuntur disini

 

Salam,Dr David Pardamean Sihotang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *