Article

Sejarah Akupuntur Dan Bagaimana Akupuntur Bekerja

Mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana akupuntur dapat bekerja saat ini apa manfaat akupuntur , terapi akupuntur.

Pengobatan akupuntur sendiri berasal dari Cina dimana sejarah pertama yang tercatat, akupuntur sudah ada sejak sekitar 2.500 tahun lalu, dimana orang mempercayai ada semacam jalur energi (disebut meridian) yang tidak terlihat pada tubuh manusia yang harus terus mengalir, dan jalur energi tersebut membentuk ratusan titik, yang disebut titik akupuntur. Apabila terjadi gangguan pada jalur energi tersebut akan menjadi cikal bakal terjadinya berbagai macam penyakit.

Akupuntur lalu tersebar di sekitar Asia terutama Jepang dan Korea, yang menyebabkan ada 3 aliran akupuntur utama di dunia, yaitu style Traditional Chinese akupuntur, Japanese style akupuntur, dan Korean Style akupuntur.

Pada Tahun 1900-an akupuntur mulai menyebar di eropa, lalu tahun 1972 presiden Amerika Richard Nixon mencoba akupuntur untuk pertama kali, dan sejak itu akupuntur sangat pesat tersebar di Amerika.

Setelah akupuntur berkembang di Eropa dan Amerika, maka penelitian tentang efek akupuntur terhadap berbagai penyakit semakin banyak dilakukan, dan menunjukkan banyak sekali bukti ilmiah akan efektifitas akupuntur terhadapa berbagai penyakit, terutama dalam kasus nyeri kronis dengan berbagai penyebab, gangguan penyakit dalam, alergi, dan berbagai penyakit lainnya serta minimalnya efek samping akupuntur dalam terapi akupuntur.  Lalu akhirnya akupuntur diakui oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Walaupun banyak bukti ilmiah secara statistik menunjukkan akupuntur efektif dalam mengatasi berbagai penyakit, namun masih belum banyak yang diketahui secara pasti cara kerja akupuntur dalam mengatasi penyakit. Ada beberapa teori yang sering diberikan misalkan akupuntur untuk meredakan nyeri dijelaskan dengan teori “Gate Control”, namun inipun masih belum menjawab semua pertanyaan tentang hebatnya fungsi akupuntur dalam penanganan nyeri.

Sekarang ini pengobatan akupuntur sangat umum dilakukan diberbagai institusi kesehatan di seluruh dunia, ilmu kedokteran Timur dan Barat mulai berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pasien, sehingga semakin banyak dokter di seluruh dunia, seperti saya misalnya melakukan praktik akupuntur karena potensinya yang sangat besar dengan efek samping yang sangat minimal.

Dari akhir tahun 1900an sampai sekarang akupuntur terus berkembang ke berbagai penjuru dunia, menghasilkan berbagai macam style akupuntur yang sangat terkenal di dunia karena efektifitasnya, antara lain Zhu Scalp Acupuncture, Yamamoto Scalp Acupuncture, Manaka Style Acupuncture, Yin Yang balancing oleh MR Tung, dan banyak style akupuntur lain yang sangat berpotensi untuk kesehatan.

Saya sendiri sebagai dokter akupuntur menggunakan Manaka Style Acupuncture, dan Zhu Scalp acupuncture untuk melakukan terapi ke pasien di klinik akupuntur, karena saya melihat bagaimana efektifnya style akupuntur ini saya terapkan di klinik.

Anda dapat melihat langsung bagaimana kesaksian orang-orang ini merasakan manfaat akupuntur untuk kesehatan mereka disini

 

Salam,

Dr David pardamean Sihotang

One thought on “Sejarah Akupuntur Dan Bagaimana Akupuntur Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *