Article

Perbedaan Nyeri Pinggang/Leher Biasa Dengan Saraf Terjepit / HNP dan Bagaimana Manfaat akupuntur Untuk Meredakannya

Sebagai orang awam anda mungkin bingung apakah sensasi nyeri di pinggang yang anda rasakan adalah saraf kejepit / HNP ataukan nyeri pinggang biasa. pada artikel kali ini akan saya jelaskan secara sederhana bagaimana perbedaan nyeri pinggang dan saraf terjepit / HNP dan bagaimana manfaat akupuntur dalam meredakan nyeri tulang belakang.

Nyeri leher/pinggang biasa pada umumnya sering terjadi dan merupakan nyeri yang cenderung lebih ringan, terlokalisir, tidak menjalar, dapat terjadi akibat gerakan yang salah saat berolah raga, kurangnya pemanasan saat berolah raga ataupun gerakan tertentu yang dapat menyebabkan spasme otot atau cedera otot (muscle strain).

Namun apabila anda menderita saraf terjepit atau HNP maka gejala saraf terjepit antara lain adalah sensasi nyeri/kesemutan/baal yang menjalar. Apabila saraf terjepit pada leher maka cirinya adalah sensasi nyeri/baal/kesemutan yang menjalar dari leher menuju ke lengan baik kanan maupun kiri. Hal ini disebabkan karena semua persayarafan pada kedua lengan berasal dari area leher dan punggung (cervical-thoracal), sehingga apabila ada desakan/jepitan saraf didaerah ini maka sensasi akan menjalar ke lengan.

saraf terjepit pada pinggang akan menyebabkan sensasi nyeri,kesemutan baal, bahkan kelemahan otot di tungkai baik salah satu maupun keduanya. Hal ini disebabkan karena semua persarafan kedua tungkai berasal dari tulang belakang area pinggang dan pantat (lumbo-sacral), sehingga apabila ada saraf kejepit dia area ini akan menyebabkan sensasi seperti yang disebutkan diatas yang menjalar ke tungkai baik salah satu maupun keduanya.

 

Angka kesakitan saraf terjepit/ HNP sendiri semakin hari semakin meningkat dimana umur penderita penyakit ini juga semakin muda yag disebabkan oleh gaya hidup saat ini dimana mobilitas tinggi namun pergerakan tubuh justru semakin berkurang, diperburuk lagi oleh trend dimana smartphone menjadi barang yang semakin tak tergantikan untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk terapi saraf kejepit mulai dari kedokteran konvensional baik dengan obat maupun operasi, terapi pengobatan akupuntur untuk pengobatan saraf kejepit, yoga, chiropractice dan pijat, dan lain sebagainya. Anda dapat menentukan sendiri terapi saraf kejepit yang seperti apa yang tepat buat anda

Tentu tiap metode terapi saraf kejepit juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.

Untuk saya sendiri manfaat akupuntur untuk pengobatan saraf terjepit terbukti ampuh dalam meredakan nyeri dan memperbaiki kualitas hidup orang penderita HNP, seperti anda, misalnya.

the American College of Physicians (ACP) sendiri telah secara resmi merekomendasikan akupuntur untuk mengatasi nyeri HNP

Rekomendasi ini sudah dipublikasikan secara resmi diĀ Annals of Internal MedicineĀ yang sangat terkenal di Amerika dan dunia.

ACP memberi grade “SANGAT DIREKOMENDASIKAN” untuk akupuntur dalam meredakan kasus nyeri tulang belakang dan nyeri kronis lainnya misalkan nyeri osteoarthritis, nyeri kanker, fibromyalgia. Hal ini terkait banyak hasil penelitian yang membuktikan akupuntur sangat efektif meredakan nyeri yang bahkan mengalahkan morfin dalam mengatasi nyeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *