Article

Pengobatan Stroke Sedini Mungkin Dengan Akupuntur Apakah Perlu?

Banyak orang bertanya tentang pengobatan stroke sedini mungkin dengan akupuntur apakah perlu? Disini kita akan membahas pertanyaan tersebut sehingga anda dapat mengerti apa tindakan anda pasca serangan stroke.

Saat saya membuat artikel ini saya baru saja menyelesaikan Workshop International Class basic & Advance level dari  Zhu’s Scalp Acupuncture yang diprakarsai langsung oleh Legenda akupuntur modern saat ini yaitu Professor Ming Qing Zhu, yang diadakan di Melia Hotel Kuala Lumpur.

Sekedar anda ketahui Profesor Ming Qing Zhu merupakan ahli akupuntur yang ternama di dunia, yang terkenal dengan teknik terapinya Zhu’s Scalp Acupuncture yang telah dirasakan manfaatnya oleh ribuan pasien stroke. Begitu hebatnya teknik terapi beliau sampai di China beliau dipercaya untuk menangani kasus stroke sedini mungkin di rumah sakit dimana pasien masih berada di ruang ICU.

Kalau anda mengerti pada penderita stroke yang baru saja mengalami serangan stroke, begitu dibawa ke rumah sakit maka apabila membutuhkan life support yang intensif maka pasien akan dirawat diruang ICU sesegera mungkin. Prof Zhu bahkan telah menangani penderita stroke sejak pasien tersebut masih di ruang ICU dengan angka keberhasilan yang tinggi.

Menurut Prof Zhu sendiri, “timing” sangat penting dalam penanganan stroke, semakin cepat penderita stroke ditangani dengan Zhu’s scalp acupuncture, maka angka keberhasilannya akan semakin tinggi, sehingga kemungkinan cacat yang terjadi pada penderita stroke bisa minimal.

Menurut beliau terapi stroke dengan akupuntur bahkan perlu dilakukan diantara 3-72 jam pasca serangan stroke untuk mendapatkan hasil maksimal yang diinginkan. Walaupun belum jelas diketahui kerjanya namun nampaknya akupuntur mampu membuat efek proteksi terhadap sel otak unutk mencegah kematian sel saraf di otak.

Saya sendiri baru-baru ini membuktikan perkataan prof Zhu secara langsung pada pasien pasca serangan stroke yang baru 2 minggu memiliki respon yang jauh lebih cepat dan efektif dibanding yang lebih lama, walaupun saya sendiri mendapati bahkan pada pasien stroke yang sudah 9 tahun bahkan masih tetap memiliki efek yang nyata.

Efektifitas terapi saya jauh meningkat dibanding teknik terapi saya dulu, sehingga pasien seperti anda misalnya, dapat merasakan manfaat yang jauh lebih baik dengan akupuntur dan memiliki peluang perbaikan hasil terapi yang jauh lebih baik.

 

dr David Sihotang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *