ArticleUncategorized

Bagaimana Beradaptasi Dengan Hidup Pasca Stroke

Banyak orang yang baru saja mengalami stroke bingung bagaimana beradaptasi dengan hidup pasca stroke.

Hal ini sangat wajar terjadi dikarenakan banyak perubahan hidup yang terjadi secara drastis dari sangat mandiri menjadi sangat bergantung pada orang lain dalam menjalani hidup sehari hari. Bahkan banyak orang yang mengalami depresi pasca stroke seperti yang pernah saya tulis di artikel masalah gangguan psikis pasca stroke.

Begitu banyaknya perubahan tentu akan sangat membuat penderita stroke tertekan, namun juga orang-orang disekitarnya yang merawat. Dan jika dibiarkan bukan hanya akan menyebabkan banyak konflik namun jelas akan menyebabkan terhambatnya proses pemulihan pasca stroke.

Untuk itu berikut saya uraikan bagaimana manajemen dalam menjalani hidup pasca stroke :

  1. Fokus Pada Proses Penyembuhan Otak

Dalam proses penyembuhan otak, repetisi/pengulangan adalah segalanya, sama seperti anak kecil belajar berjalan, semua bisa terjadi karena pengulangan. Untuk itu teruslah fokus pada latihan fisik bagian tubuh anda yang lemah. Gerakan yang dilakukan berulang ulang secara terus menerus akan membuat jembatan iformasi baru di otak yang dulunya rusak karena stroke, sehingga anda akan menemukan perbaikan secara perlahan seiring waktu.

2. Berpartisipasi dalam berbagai terapi stroke

dalam hal ini yang saya maksud adalah terapi yang sudah teruji klinis dalam mengobati stroke yang pernah saya bahas di artikel semua yang perlu anda tahu tentang stroke. Beberapa terapi yang telah terbukti ilmiah yang harus anda pertimbangkan antara lain

– Fisioterapi untuk mengembalikan fungsi motorik

– Terapi okupasi untuk meningkatkan kemampuan dalam beraktifitas sehari hari

– terapi bicara untuk memperbaiki kemampuan bicara dan menelan

– akupuntur, dimana akupuntur telah diteliti secara signifikan meningkatkan keberhasilan rehabilitasi stroke

waktu 3 sampai 6 bulan pertama merupakan masa yang sangat penting dalam meningkatkan keberhasilan proses penyembuhan/rehabilitasi pasca stroke, karena dalam masa inilah proses terapi mengalami dampak paling besar dalam penyembuhan stroke. Hal ini sudah saya jelaskan di artikel tentang perlunya terapi sedini mugnkin pasca stroke

3. Motivasi diri anda sendiri di rumah

Selain melatih fisik anda juga harus melatih pikiran anda untuk tetap termotovasi. Sangat penting untuk tetap memotivasi diri anda sendiri agar anda terus bersemangat berlatih dan terapi, terutama di awal pasca serangan stroke yang merupakan masa kritis untuk pasien mengalami depresi pasca stroke namun juga merupakan periode emas untuk memaksimalkan perbaikan pasca stroke.

4. Ubah pola makan anda menjadi lebih sehat

Gaya hidup merupakan faktor penyebab stroke, dan pola makan adalah salah satu penyebab utama. Banyak faktor resiko stroke seperti hipertensi dan diabetes dapat diperbaiki dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat untuk mencegah terjadinya stroke berulang.

5. Bersahabat dengan proses dan waktu

Proses penyembuhan stroke dapat berlangsung singkat atau lama tergantung beberapa hal, namun begitu apakah proses pemulihan anda cepat atau lambat bersahabatlah dengan proses tersebut. Dan percaya walaupun anda telah mengalami stroke baru saja atau seminggu atau sebulan atau sudah bertahun-tahun, pemulihan masih sangat mungkin terjadi . Dan mungkin seperti anda, saya juga memiliki pengalaman beberapa pasien yang sudah terkena stroke lebih dari 7 tahun dan akupuntur tetap dapat memiliki hasil yang signifikan. Jadi tetep lah bersemangat dalam menjalani proses anda.

 

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam beradaptasi setelah terjadi serangan stroke.

Anda dapat download panduan 14 dalam mempercepat pemulihan stroke disini

Apabila anda mau berkonsultasi atau menghubungi jadwal terapi saya, silahkan klik disini  

atau hubungi ke 082330642611

Banyak orang seperti anda yang mengalami perbaikan pasca stroke dengan akupuntur, lihat testimoni mereka disini

 

Salam,

dr David Pardamean Sihotang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *